Penjelasan Mengenai Bahan Bangunan Struktural Dan Nonstruktural

Penjelasan Mengenai Bahan Bangunan Struktural Dan Nonstruktural

Bagi anda yang sudah lama berkecimpung padadunia property maka sudah tidak asing lagi mengenai istilah bahan bangunan struktural dan nonstruktural. Berikut kita bahas mengenai pengertian dari istilah tersebut. untuk bangunan structural adalah bangunan yang menjadi inti dari bangunan yang diatasnya. Yaitu bangunan yang menjadi titik tumpu untuk mempengaruhi bangunan yang lainya.pada bangunan structural ini jika bermasalah maka akan mempengaruhi juga komponen bangunan yang lainya. Maka dari itu untuk membangun bangunan structural ini harus dalam hitungan dan pemilihan bahan baku yang bagus agar dapat kokoh untuk bangunan yang lainya. Intinya untuk bangunan structural ini adalah pada bagian bawah rumah atau pondasi untuk memikul bangunan dibawahnya. Maka dari itu bangunan structural memang mempunyai peran yang besar untuk bangunan lainya. Contoh untuk banguan stuktural adalah rangka atap, pondasi, kolom, balok, dinding geser.

Untuk bahan bangunan yang digunakan untuk membuat bangunan structural ini biasanya lebih diperhatikan lagi. Karena memang menentukan dari segi kekuatan bangunan tersebut. selain itu ada bangunan nonstruktural. Bangunan nonstruktural adalah bangunan yang sama sekali tidak terkait dengan struktur bangunan yang memang menjadi inti bangunan. Sifat dari bangunan nonstruktural adalah dapat diganti sewaktu-waktu. Atau komponen yang mudah untuk diganti. Biasanya untuk bangunan nonstruktural ini memang lebih sering untuk dilakukan penggantian. Karena memang bahan yang ada masanya lebih cepat rusak atau memang perlu pembaruan. Untuk bangunan ini merupakan pelengkap dari bangunan inti, akan tetapi juga pengaruh bagi komponen inti bangunan tersebut.

Untuk contoh bangunan nonstruktural adalah tangga, lantai, penutup atap, dinding. Berikut tadi contoh untuk bangunan nonstruktural. Pada bangunan ini lebih baiknya untuk diberikan kualitas yang baiksekalian agar masa pada bangunan tersebut bertahan dengan lama. Jika terjadi perubahan juga akan mempengaruhi pada bagian strukturalnya. Maka dari itu dianjurkan untuk bahan struktural maupun nonstruktural harus menggunakan bahan yang bagus sekalian.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai pengertian dari bangunan struktural dan bangunan non struktural. Semoga artikel diatas dapat menjadi tambahan ilmu bagi anda yang membacanya.

Author: wpadmin