Biaya Rumah Ukuran 10×12

Membangun rumah impian merupakan keinginan dari banyak orang. Ada banyak cara untuk mencapai keinginan ini, namun langkah awalnya adalah dengan melakukan perencanaan yang matang.

Biaya Pembangunan Rumah

Panjang 12 meter dengan lebar 10 meter merupakan salah satu tipe rumah idaman banyak orang. Biasanya mereka membuat rumah tersebut menjadi 2 lantai dengan harapan mendapat ruangan yang lebih lebar dan leluasa.

Biaya Rumah Ukuran 10x12

  • Biaya Beli Lahan

Ketersediaan lahan merupakan syarat utama dari dimulainya pembangunan sebuah rumah. Biasanya rumah ukuran 10 x 12 dibangun di atas lahan seluar 150 sampai 170 m2. Maka dari itu anggaran awal harus memikirkan mengenai biaya lahan untuk berdirinya rumah impian ini.

Pada lokasi strategis, harga tanah dibanderol sekitar Rp2.000.000 per meternya, maka pembuat rumah sebaiknya menyiapkan dana kurang lebih Rp300.000.000 (150 m2 x Rp2.000.000). namun ada satu hal yang harus diingat, yaitu mengenai harga tanah yang setiap tahunnya meningkat.

  • Biaya Konstruksi

Besar biaya bangun rumah per meter akan berbeda pada tiap wilayah. Karena perhitungan bangunan rumah 10 x 12 berdasarkan sistem per meter, maka harus diketahui harga konstruksi per meternya pula. Namun untuk jasa pekerjanya antara satu wilayah dan wilayah lain tidak beda jauh.

Cara perhitungan biaya konstruksi mudah, yaitu hanya perlu mengalikan luas total bangunan dengan harga konstruksi per meter perseginya. Contohnya apabila rumah berada di Jabodetabek dengan biaya bangun rumah Rp3.600.000 maka total biaya konstruksinya Rp432.000.000.

  • Biaya Arsitek

Penggunaan arsitek tidak bersifat wajib. Namun apabila anggaran dana cukup besar, jasa arsitek sebaiknya digunakan. Bukan tanpa alasan, arsitek dapat membantu untuk terciptanya desain dari rumah impian dengan biaya yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pemiliknya.

Saat ini biaya arsitek pada umumnya menggunakan ukuran satuan per meter persegi. Mulai dari Rp150.000 sampai Rp1.000.000 jasa arsitek sudah dapat digunakan. Maka dari itu untuk desain sebuah rumah ukuran 10 x 12 dibutuhkan anggaran dana mulai dari sekitar Rp18.000.000

  • Biaya Lain-Lain

Material bangunan menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi biaya bangun rumah. Ada banyak informasi mengenai material rumah pada situs https://plafon.id yang bisa menjadi rujukan awal. Selain itu ada juga berbagai komponen pembangun lainnya saat proses pembangunan.

Sebaiknya penentuan anggaran biaya lainnya memakai sebesar 10 persen dari total budget pembangunan rumah 10 m x 12 m. untuk dapat menghemat biaya, sebaiknya pilih berbagai material lokal berkualitas dan memanfaatkan material bekas yang masih bisa digunakan.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai biaya pembangunan untuk rumah ukuran 10×12 meter persegi mulai dari biaya membeli lahan hingga biaya lainnya. semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk menjadi referensi dalam perhitungan biaya membangun rumah.

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *