Terdepan dan teraktual
Tips  

Ketahui Biaya Operasi Katarak Kucing Dan Faktor Risiko Untuk Mencegahnya

Biaya Operasi Katarak Kucing

Biaya operasi katarak kucing bisa dikatakan memang mahal untuk sebagian orang guys. Meskipun bisa dibilang cukup menguras isi kantong tapi ini demi kesehatan anak bulu kesayanganmu kan?

Makanya kamu yang kaum mendang mending, perlu cari info sebanyak-banyaknya sebelum datang ke klinik hewan ya. Nah untuk itu simak ulasan dari admin berikut ini ya..

Biaya Operasi Katarak Kucing

Biaya Operasi Katarak Kucing

Biaya operasi katarak kucing mungkin berbeda-beda pada setiap tempat penanganan hewan.

Beberapa tempat seperti klinik hewan yang dikelola swasta atau perorangan mungkin akan sedikit lebih mahal dibandingkan rumah sakit hewan milik pemerintah.

Sayangnya meskipun rumah sakit atau puskes hewan pemerintah lebih murah, di sana juga belum tentu dapat memberikan layanan bedah katarak pada kucing. Karena operasi bedah katarak pada kucing memang harus dilakukan oleh dokter bedah hewan profesional yang telah bersertifikat.

Dokter hewan yang bersertifiikat tentunya memiliki kemampuan yang sudah teruji sehingga dapat dipercaya dan diandalkan. Mereka akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan kesiapan anabul sebelum melakukan operasi katarak pada kucing.

Kesiapan dan kesehatan anabulmu penting dilakukan untuk memastikan apakah ia mampu menjalani proses operasi dan pasca operasi dengan baik. Karena salah satu hal yang terpenting dalam operasi katarak pada kucing juga termasuk kemampuan dalam menjalani masa pemulihan dengan baik.

Selain itu dokter juga akan memeriksa kondisi katarak pada kucing untuk menentukan apakah ia benar-benar membutuhkan operasi atau tidak. Dalam hal ini kamu akan berkonsultasi dengan dokter hewan terkait penanganan dan biayanya.

Biaya untuk berkonsultasi dengan dokter hewan berkisar antara Rp100.000 sampai Rp200.000. Sedangkan biaya untuk operasi katarak kucing berkisar antara Rp 600.000 sampai Rp 1.000.000 per ekor. Kalau berdasarkan data yang saya ambil dari situs badilag.id sih 1 jutaan.

Dan Biaya tersebut belum termasuk perawatan yang diperlukan pasca operasi katarak dilakukan. Tapi sekali lagi saya ingatkan bahwa setiap tempat mungkin berbeda-beda tentang biayanya.

Faktor Resiko

Nah karena biaya operasi yang cukup mahal, maka admin akan bagikan faktor risiko katarak pada kucing biar kamu bisa menghindarinya.

1. Radiasi sinar UV

Ternyata paparan radiasi sinar ultraviolet (UV) dapat membuat mata kucing terkena katarak lho catlovers. Makanya hati-hati ya kalau mengajak anabulmu keluar di siang hari yang terik karena bisa merusak kornea dan lensa mata si empus.

2. Penyakit tertentu

Diabetes, hipertensi, peradangan bola mata juga bisa menjadi penyebab katarak pada kucing. Selain itu gangguan autoimun, gangguan metabolik, dan cidera mata juga dapat membuat mata kucing berkeruh dan menderita katarak.

3. Cidera

Cidera pada bola mata kucing memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk kucing mengalami gangguan mata, salah satunya katarak. Adapun terkait Cidera mata ini dapat berupa terbentur benda padat, kontaminasi dengan zat beracun, atau sengatan listrik.

Jika tidak segera ditangani dengan baik bisa saja kucing kamu terkena katarak.

4. Usia

Selain pada manusia, penuaan juga dialami kucing yang ditandai dengan bola mata yang rusak dan berkeruh.

Biasanya hal ini terjadi pada kucing yang berusia lebih dari 10 tahun masa hidupnya.

5. Kekurangan nutrisi

Faktor risiko yang dapat dicegah dengan memperhatikan pola makan kucing adalah faktor kekurangan nutrisi. Penting untuk meningkatkan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang untuk mencegah katarak pada kucing.

Dengan memberikan makanan yang tinggi protein, vitamin A, vitamin E, omega 3, kalsium, dan antioksidan maka dapat mengurangi potensi kucing terkan katarak.

Nah sekian pembahasan kali ini tentang ketahui biaya operasi katarak kucing dan faktor risiko untuk mencegahnya. Semoga bermanfaat!